Andi Mochammad Irham - Pengguna tagar tentu saja banyak sekali. Pengguna Twitter seringkali menambahkan tagar di setiap tweet yang mereka lakukan. Kadang ada 2 atau bakan hampir seluruh tweet hanya berisi tagar. Terkadang ada kesan pengguna melecehkan penggunaan tagar karena tagar yang ia buat sangat banyak.
Bila dilihat dari kebiasaan memberikan tagar, dapat diidentifikasi jenis pengguna tagar. Hal ini dilakukan oleh dalam sebuah artikel di New York Magazine. Di dalam artikel tersebut terdapat 7 tipe pengguna tagar. Ketujuh tipe pengguna tagar tersebut adalah sebagai berikut.
1. Hashtag Stuffers
Bentuk umum pengguna tagar. Mereka menambahkan beberapa tagar dalam setiap posting yang dilakukan. Terkadang pengguna tagar ini memberikan tagar random dalam satu kalimat tertentu.
2. The Verbal Hashtagger
Pengguna tagar verbal. Artinya kata tagar (hastags) tersebut digunakan dalam kalimat. Pengguna tagar ini menggunakan kata tagar atau hastags dalam percakapan sehari-hari.
3. #TheHashtagStringer
Pernah membaca tagar yang sangat panjang yang menyambungkan beberapa kata ke dalam satu tagar? Pengguna tagar semacam ini disebut #TheHashtagStringer.
4. The Gratuitous Event Hashtagger
Bila ada teman anda yang mengikuti suatu acara lalu melakukan tweet dengan tagar tertentu yang disyaratkan oleh acara tersebut, mereka ini termasuk ke dalam kelompok The Gratuitous Event Hashtagger. Kesan dari pengguna tagar ini adalah penggunaan serampangan dari tagar.
5. The Hack-tagger
Pengguna tagar yang sebelumnnya dibuat oleh partai politik, brand atau perusahaan dalam rangka melakukan pemasaran. Misalnya tagar #McDStories merupakan tagar yang digunakan perusahaan McD dalam pemasaran, kemudian digunakan pengguna lainnya untuk menceritakan apa yang mereka alami ketika makan McD.
6. The Hash-swagger
Tagar yang menunjukkan kesombongan. Seseorang yang menggunakan tagar sebagai label untuk memamerkan acara yang mereka ikuti. Misalnya sedang mengikuti acara London Fashion Week diberi tagar #LondonFashionWeek atau tagar SXSW ketika mengikuti acara SXSW.
7. The Hashtag as Crutch
Tagar Maniac. Pengguna tagar ini selalu menggunakan tagar, tidak peduli apa pun medianya. Apakah di Twitter, Facebook, Google Plus, eMail, dan komentar, mereka selalu menggunakan tagar. Jenis pengguna tagar ini mungkin jenis pengguna tagar paling absurd karena selalu menggunakan tagar di mana pun.
Sumber: New York Magazine
Sumber Gambar: Mashable